Bagi pemilik bisnis, khususnya bakery, akhir tahun adalah waktu emas untuk memaksimalkan penjualan. Bagaimana caranya agar momen ini mampu menarik pelanggan ke toko roti Anda semaksimal mungkin?
Dengan sedikit kreativitas dan strategi pemasaran yang tepat, toko roti Anda bisa menjadi pusat perhatian lho di akhir tahun! Bahkan bisa jadi pilihan utama pelanggan di momen spesial ini.
Cara Membuat Toko Roti Anda Lebih Glowing di Akhir Tahun
Akhir tahun selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Mulai dari perayaan Natal hingga Tahun Baru, suasana hangat dan kebersamaan menjadi daya tarik utama di periode ini.
Berikut tujuh ide menarik yang bisa Anda terapkan untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan lebih banyak di akhir tahun dilansir dari Bakers Journal:
1. Ciptakan Produk Spesial yang Menggoda
Salah satu cara terbaik untuk memikat pelanggan adalah dengan menghadirkan produk di akhir tahun yang lezat sekaligus menghidupkan suasana celebration di akhir tahun.
Misalnya Anda membuat roti, kue, atau pastry yang terinspirasi dari tema akhir tahun seperti roti berbentuk pohon Natal, cupcake berhias hiasan salju, atau cookies dengan taburan warna merah-hijau khas Natal.
Tambahkan sentuhan rasa musim seperti kayu manis, jahe, atau coklat untuk memberikan kesan hangat.
Selain bentuk dan rasa, penamaan produk juga berpengaruh besar. Nama yang unik dan terkait dengan akhir tahun akan lebih mudah diingat oleh pelanggan. Misalnya, “Gingerbread Natal” atau “Cupcake Natal Spesial” bisa menjadi pilihan yang menarik perhatian.
2. Suguhkan Minuman Khas untuk Menemani Momen Akhir Tahun
Tidak hanya makanan, minuman juga menjadi bagian penting yang bisa Anda sajikan selama momen akhir tahun. Anda bisa membuat varian minuman hangat khas musim dingin seperti cokelat panas, atau kopi jahe aromatik.
Contoh lain misalnya Anda membuat varian minuman berupa teh rempah-rempah yang menenangkan.
Tambahkan sedikit kreativitas dengan menciptakan paket combo antara kue dan minuman yang pas. Misalnya, promosi “Roti dan Coklat Hangat” yang menarik perhatian pelanggan yang ingin menikmati sensasi hangat di toko roti Anda.
3. Hiasi Toko Roti Anda dengan Dekorasi Akhir Tahun yang Hangat
Selain dari segi menu, Anda juga bisa menarik perhatian pelanggan melalui pandangan mata! Ya! Berikan dekorasi indah dan unik pada momen akhir tahun sebagai cara efektif menarik lebih banyak pelanggan.
Visual pertama yang dilihat pelanggan saat memasuki toko sangatlah penting. Nah, akhir tahun adalah momen yang tepat untuk menghias toko roti Anda dengan tema pergantian tahun.
Anda bisa berikan dekorasi seperti lampu hias berwarna hangat, bunga kering, dan hiasan sederhana yang menciptakan suasana ramah dan mengundang. Jangan lupa untuk memastikan jendela toko roti Anda menampilkan produk-produk unggulan yang dihias dengan apik.
Manfaatkan pula pencahayaan untuk meningkatkan daya tarik visual. Pencahayaan yang hangat akan membuat produk kue dan roti Anda terlihat lebih menggiurkan.
Pelanggan yang lewat mungkin akan terpikat hanya dengan melihat etalase toko Anda yang bersinar.
4. Membuat Suasana Toko Roti yang Homey di Akhir Tahun
Foto: Rawpixel.
Setelah dekorasi, Anda juga bisa berikan sentuhan-sentuhan hangat yang membuat pelanggan Anda bagaikan berada di rumah sendiri. Misalnya mengganti meja dan kursi standar dengan perabotan yang lebih nyaman.
Tempat duduk yang lebih nyaman dapat membuat pelanggan merasa lebih rileks. Kursi yang nyaman dapat membuat mereka betah berlama-lama di toko.
Tambahkan juga elemen lain yang semakin mengingatkan mereka akan suasana rumah seperti rak buku berisi majalah, buku, dan permainan papan (board games). Dengan begitu, pelanggan tidak hanya datang untuk makan, tetapi juga menikmati suasana dan aktivitas ringan.
Masih ada 3 tips lagi lho! Simak yuk halaman berikutnya!