Unilever Food Solutions Beberkan Panduan Tren Kuliner 2024 untuk Bisnis F&B

tren kuliner 2024
Future Menu 2024 untuk para pelaku bisnis di sektor hotel, restoran, dan kafe (HORECA). Foto: Kompas.com.

Unilever Food Solutions memperkenalkan tren kuliner 2024 yang terjadi secara global. Tajuk panduan tren ini adalah “Future Menu 2024”. Kegiatan ini ditujukan bagi para pelaku bisnis makanan di sektor hotel, restoran, dan kafe (HORECA).

Panduan tren kuliner tahunan ini, yang diluncurkan untuk ketiga kalinya sejak 2022, mencakup lima dari delapan tren. Keseluruhannya dianggap relevan dengan budaya kuliner Indonesia.

“Unilever Food Solutions adalah divisi yang fokus pada business to business (B2B). Kami berkomitmen mendukung para pebisnis makanan dan koki di Indonesia untuk berkembang dalam usaha yang mereka jalani,” kata Gemita Pasaribu. dilansir dari Kompas (05/11/24).

Gemita Pasaribu menyatakan hal tersebut saat konferensi pers Future Menu UFS di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (4/11/2024). Ia sendiri menjabat sebagai Managing Director Unilever Food Solutions Indonesia,

Lima Tren Kuliner 2024

Lima tren yang dinilai cocok dengan budaya kuliner Indonesia meliputi beberapa hal. Mulai dari Flavor Shock, Modernized Comfort Food, Low-waste Menu, The New Sharing, dan Feel-Good Food.

Di antara tren ini, Low-waste Menu dan Flavor Shock adalah dua inovasi terbaru tahun ini. Low-waste Menu, sesuai dengan namanya, mengajak para koki untuk merancang hidangan dengan meminimalkan limbah bahan makanan.

Sementara itu, Flavor Shock fokus pada eksplorasi rasa yang mengesankan melalui perpaduan bahan-bahan yang tidak biasa.

Analisis ini dilakukan dengan latar belakang perkembangan pesat industri kuliner global. Termasuk pertumbuhan sebesar 10 persen di Indonesia pada tahun 2024. Studi tren kuliner yang melibatkan 1.600 koki profesional di seluruh dunia ini mengkaji 56.000 kata kunci dan 2 miliar pencarian di 21 negara.

“Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pemulihan ekonomi, tren kuliner, dan inovasi berbasis teknologi,” jelas Gemita.

Pelanggan Kuliner Mengutamakan Pengalaman yang Didapatkan

Ia juga menambahkan bahwa ekspektasi masyarakat Indonesia terhadap kuliner semakin tinggi. Ditambah lagi adanya fakta 80% orang yang kembali ke sebuah tempat FnB merupakan orang yang sama, dengan kata lain repeat customer. Mereka selalu kembali untuk merasakan pengalaman yang sama.

“Konsumen Indonesia sangat mengutamakan pengalaman. Ini bukan hal baru, tapi harus menjadi fokus utama pegiat FnB untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan,” tambahnya.

Andry Susanto, chef sekaligus pemilik restoran Oma Elly, mengungkapkan bahwa pola konsumsi masyarakat Indonesia di industri FnB sudah banyak berubah.

“Konsumen kuliner di Indonesia sekarang jauh lebih cerdas. Mereka sudah tahu apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Berbeda dengan 5-10 tahun lalu. Ketika itu banyak yang mengatakan bahwa bisnis kuliner di Indonesia masih mengikuti tren tanpa arah jelas. Sekarang kondisinya sudah berbeda,” ujar Andry dalam acara tersebut.

Tren kuliner Future Menu 2024 dari Unilever Food Solutions kini tersedia secara gratis di Instagram resmi @unileverfoodsolutionsid dan situs UnileverFoodSolutions.co.id. Jika Anda membutuhkannya silahkan mengunjungi laman dan akun di atas.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments