Simak Perjalanan Inspiratif Sonia Basil Membesarkan Brand Cakeology

sonia basil
Salah satu produk kue dari Cakeology. Foto: Ig @cakeology.jkt.

Sonia Basil merupakan salah satu pebisnis kue yang belum lama viral di TikTok dengan bendera Cakeology yang diusungnya. Berkat konten-konten kue miliknya, banyak netizen yang kemudian penasaran. Mulai dari berapa penghasilan yang didapatkan sampai dengan bagaimana cara yang dilakukan agar bisa terjun ke bisnis kue dan berhasil.

Barangkali Anda termasuk salah satu penggemar Sonia Basil dan penasaran bagaimana caranya agar bisa sukses berbisnis kue seperti dirinya? Dilansir dari Idx Channel, berikut kisah inspiratifnya yang bisa Anda serap sebagai masukan untuk memajukan bisnis Anda sendiri.

Sedikit informasi awal, ia adalah pemilik sebuah brand bisnis dengan gaya crafted cake dengan bendera Cakeology. Dirinya memiliki latar belakang pendidikan Program Studi Perhotelan di Universitas Pelita Harapan (UPH) pada medio 2014.

Ia kemudian menjadi seorang entrepreneur muda dan mulai membesarkan bisnisnya di Indonesia dengan memilih pastry sebagai jalan usahanya. Bisnis pastry ini kemudian dikembangkan lebih luas dengan nama Cakeology yang ikonik.

Perjalanan Awal Sonia Basil Terjun ke Dunia Bisnis Cake

sonia basil
Sonia bersama hasil kreasi kue. Foto: IG @soniabasil.

Kisah bisnis kue sampai menjadi Cakeology yang dikenal banyak orang seperti sekarang ini rupanya sudah ditekuni oleh Sonia Basil sejak ia masih berada di bangku kuliah, persisnya sejak tahun 2018.

Sebelum menjadi pebisnis kue, ia pernah menjajal menjadi pedagang tas kanvas yang ia jual lewat online shop. Masih pada era awal berbisnis ini pula ia juga sempat menjual aneka kue jadul ke berbagai warung yang ada.

Ketika merintis bisnis, ia tidak berjalan sendirian karena ia juga mendapatkan tenaga bantuan dari saudarinya bernama Christie Basil yang kini juga sukses menjadi designer wedding dress.

Kakak beradik ini lalu terus berinovasi menekuni bidangnya masing-masing. Sonia sendiri terus menerus meningkatkan skill dan pengetahuannya untuk mengembangkan bisnis. Sampai ia kemudian banyak menemukan pelajaran baru dari platform media sosial yang sedang booming. Diantaranya adalah YouTube dan TikTok.

Selain itu latar belakang pendidikannya di Program Studi Perhotelan UPH ia jadikan bekal untuk diterapkan ke dunia bisnis yang ia jalankan. Ia juga selalu mencari pengalaman dan ilmu baru juga mengembangkan jejaring yang kemudian berguna untuk dipraktekkan ke dalam usaha kue miliknya.

Sonia Basil Memberikan Konten Unik

sonia basil
Sonia bersama Puppy Cake hasil kreasinya. Foto: IG @soniabasil.

Usaha yang dilakukan oleh wanita kelahiran tahun 1996 ini kemudian menghasilkan buahnya. Karena ketekunannya membuat berbagai jenis konten unik dan berbeda di media sosial, akhirnya sambutan warganet pun sangat baik.

Pengembangan personal branding yang akhirnya berdampak positif terhadap brand Cakeology ini disebabkan ia selalu menyajikan konten yang membuat viewersnya terkesan. Contohnya saja ia membuat konten yang menceritakan proses pembuatan kue diiringi oleh narasi yang membuat audiens terhibur. Konten yang Sonia tunjukkan bukan sekedar seseorang membuat kue, melainkan juga ada unsur entertainment di dalamnya.

Tapi tentu saja, jika hanya mengandalkan gimmick lucu tentu konten yang dibuat tidak akan bertahan lama. Karena itu Sonia Basil juga mengusung tema besar yang tidak dimiliki brand lain yaitu custom homemade cake yang unik. Dengan strategi ini setiap kali ia mengunggah konten baru, audiens langsung terpikat. Tentu saja karena kontennya yang menarik inilah akhirnya berdampak pula pada penjualan kue yang terus meningkat.

Baca juga: Jatuh Bangun Perjalanan Bisnis Zena Cake Ini Sungguh Inspiratif

Semangat Terus Belajar dan Merencanakan Masa Depan

Menurut Sonia, apabila seseorang ingin menjadi pengusaha sukses harus menguasai beberapa hal. Namun bagian paling penting adalah bagaimana seorang pengusaha selalu memiliki semangat tinggi untuk belajar hal baru dan merencanakan langkah ke depan.

“Dengan kedua hal itu, seorang pengusaha akan lebih mampu memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Kita juga dapat mengetahui cara seperti apa yang paling tepat untuk memasarkan produk kita. Setelah kita paham tentang apa yang dibutuhkan pelanggan maka langkah berikutnya yaitu berpikir ke depan. Perkirakan produk yang seperti apa agar bisa memikat banyak orang,” kata Sonia sebagaimana dilansir oleh Berita Satu.

Dengan ketekunan, semangat belajar dan kerja keras, Sonia Basil berhasil membuat nama Cakeology berkibar. Ia jadikan dunia medsos sebagai pintu gerbang untuk memperkenalkan kreasi miliknya kepada khalayak ramai dan terus menerus ia pelihara dengan membuat konten yang unik, menarik dan terus berkreasi.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk mengikuti jejak Sonia dan mendirikan brand Anda sendiri?

Baca juga: Terbongkar! Rahasia Isi Roti Lapis Kerajaan Inggris Ternyata Seperti Ini

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments