2. Porsi dan Ukuran Lebih Kecil
Menurut survey yang dilakukan oleh Innova Market Insights, setidaknya 1 dari 2 orang mencari kudapan dalam porsi dan ukuran lebih kecil. Hal ini dipicu dari keinginan konsumen yang tetap ingin menikmati makanan enak tapi tetap menjaga kondisi kesehatan. Porsi dan ukuran yang lebih kecil diyakini mampu memenuhi keinginan itu.
Selain itu porsi dan ukuran yang lebih kecil juga dianggap lebih mudah untuk dibagikan bersama anggota keluarga, teman, dan orang tercinta. Bersosialisasi dianggap menjadi lebih penting dibanding beberapa waktu lalu sebelum pandemi dan kemungkinan besar tren ini akan terus berlanjut di 2023. Bahkan 28% orang yang disurvei secara global menyampaikan jika membagi makanan bersama orang tercinta berada di posisi ketiga teratas.
Contoh yang mudah ditemui di Indonesia adalah produk Roti Unyil dengan bentuk dan ukuran imut dan mungil. Inovasi ini terbukti mampu disukai oleh konsumen. Akan tetapi Anda tidak harus serta merta meniru dari brand yang sudah ada. Karena Anda dapat leluasa menentukan ukuran atau porsi lebih kecil menurut versi Anda sendiri.