Tantangan dan Strategi Roti Endolita
Salah satu tantangan utama yang dihadapi ketika menjalankan bisnis ini adalah penetrasi ke pasar. Meskipun persaingan dengan kompetitor tidak dianggap sebagai hambatan besar, mereka fokus untuk menjadi opsi di antara brand roti yang sudah eksis di Bogor.
Dengan fokus pada kualitas dan keunikan produk, Roti Endolita berhasil membangun basis pelanggan setia yang kembali untuk memesan.
“Ya kita berani bilang silahkan coba dulu sendiri dan silahkan jika ingin dibandingkan dengan merek lain. Nah karena kita meracik sedemikian rupa maka biasanya mereka akan repeat order ke sini,” ujar Adi.
Tantangan lainnya datang dalam hal diluar dari bisnis itu sendiri. Seperti belum lama ini toko sempat terkena terpaan angin besar yang membuat harus dilakukan beberapa penyesuaian. Dengan cepat mereka melakukan perbaikan dan menjaga standar kualitas produksi.
Keberhasilan Roti Endolita dan Harapan ke Depan
Saat ini brand yang memiliki arti nama enak tersebut menjadi opsi favorit bagi masyarakat Bogor. Hal ini salah satunya terlihat dari animo dari mahasiswa IPB. Banyak yang memilih roti sobek untuk dijadikan oleh-oleh saat mereka pulang ke kampung halaman.
Harapan berikutnya yaitu ingin menjadi pilihan atau opsi bagi masyarakat yang berwisata ke Bogor. Bahwa jika mereka datang ke Kota Hujan, ada brand roti lain yang juga enak, lembut, dan rasa yang dijamin lezat dalam bentuk roti sobek. Begitu pula varian lain seperti roti kering dan bagelen.
Dengan keberhasilan ini, mereka memiliki harapan untuk menjalin lebih banyak hubungan B2B. Salah satunya adalah dengan kemitraan bersama coffee shop di Bogor. Brand ini ingin merambah lebih jauh ke berbagai kedai kopi dan mengedukasi bahwa ada roti yang sangat cocok dan fleksibel untuk dijadikan teman menikmati minuman favorit.
Pengembangan ke depan juga sudah masuk dalam rencana mereka. Salah satunya adalah harapan dan keinginan Adhi agar Roti Endolita menjangkau setiap kecamatan di Bogor.
“Harapan saya yaitu menjangkau setiap 1 kecamatan, ada 1 toko,” kata Adhi.
Pesan dari Pemilik Roti Endolita untuk Para Pengusaha
Dalam mengakhiri wawancara, Adhi Putra memberikan motivasi untuk para calon pengusaha, terutama yang ingin terjun di dunia roti. Ia menekankan pentingnya untuk mencoba, meskipun tanpa pengetahuan dan pengalaman yang cukup.
Dengan kemauan untuk belajar dan mencari alternatif, setiap usaha bisa memiliki peluang sukses.
“Kita tidak akan pernah tahu kalau kita tidak mencoba. Belajarlah dari setiap proses, dan percayalah bahwa rejeki sudah ada yang mengatur. Ketika brand mulai naik, rezeki akan bertambah, dan kita bisa melakukan upgrade pada berbagai aspek bisnis,” ujar Adhi Putra.
Roti Endolita adalah contoh nyata bahwa dengan inovasi, ketekunan, dan semangat belajar, sebuah bisnis kecil bisa tumbuh dan menjadi pilihan utama di hati konsumen. Dengan nama yang menggambarkan kelezatan dan cita rasa unggul, Roti Endolita terus menjadi primadona di pasar roti Bogor.