Kopi Kenangan Menancapkan Ekspansi ke Filipina dan India

Kopi Kenangan terus memperluas jangkauan keluar negeri. Foto: Kenangan Brand.

Setelah berhasil menancapkan eksistensinya di pasar Malaysia dan Singapura, Kopi Kenangan melanjutkan misinya untuk terus go international. Brand kopi ini mengambil langkah besar dengan memperluas jangkauan ekspansi ke Filipina dan India.

Merek kopi asal Indonesia ini akan meluncurkan gerainya di kedua negara tersebut dengan menggunakan nama internasional, Kenangan Coffee.

Visi Global Kopi Kenangan

Langkah ekspansi ini merupakan bagian dari visi besar Kenangan Brands untuk membawa kopi Indonesia ke panggung dunia.

Edward Tirtanata, Group CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, menjelaskan tujuan mereka bukan hanya menjadi pemain lokal yang unggul. Ia juga ingin memperkenalkan kopi berkualitas tinggi dari Indonesia ke pasar global.

“Visi-misi Kenangan brand bukan hanya jago kandang saja, tapi kita bisa membawa kopi Indonesia berkualitas tinggi ke dunia. Bukan sebagai komoditas, tapi sebagai brand,” kata Edward sebagaimana dilansir dari Kumparan (28/08/24).

Dialog tersebut dilakukan saat merayakan ulang tahun ke-7 Kenangan Brands di Jakarta Selatan, tepatnya di Kembang Goela Restaurant.

Ekspansi Kopi Kenangan ke Filipina dan India

Filipina akan menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang menyambut gerai Kenangan Coffee. Pembukaan gerai pertama di negara tersebut dijadwalkan pada Oktober 2024. Sementara itu, India akan menjadi pasar pertama di luar Asia Tenggara yang dimasuki oleh Kenangan Coffee, dengan rencana pembukaan gerai pada tahun 2025.

Pemilihan Filipina dan India sebagai lokasi ekspansi tidaklah sembarangan. Edward menjelaskan kedua negara ini memiliki kesamaan dalam selera konsumen.

Selera masyarakat di kedua negara ini khususnya dalam hal minuman kopi yang manis dan creamy, seperti kopi gula aren yang menjadi andalan Kopi Kenangan.

Di Filipina, tren konsumsi es kopi terus meningkat di kalangan generasi muda. Sementara konsumsi kopi di kalangan Gen Z dan milenial India juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Untuk menjaga kualitas rasa yang khas, Kopi Kenangan akan tetap menggunakan bahan baku asli dari Indonesia. Bahan yang digunakan termasuk kopi dan gula aren yang diolah secara organik di Sukabumi.

“Kopi susu gula aren menjadi pilihan terfavorit di Malaysia dan Singapura. Kami akan mempertahankan standar serupa saat memasuki pasar Filipina dan India menggunakan bahan baku yang dikirim langsung dari Indonesia,” tambah Edward.

Target Ekspansi Fase Pertama

Pada fase pertama ekspansinya, Kenangan Coffee berencana membuka 10 gerai di Filipina, dengan gerai pertama yang akan berlokasi di Mall of Asia. Tempat ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan tersibuk di negara tersebut.

General Manager Kenangan Coffee untuk Malaysia dan Singapura, Jordan Lung, mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian merek ini selama dua tahun belakangan.

“Kenangan Coffee merupakan salah satu pemain kunci Asia Tenggara dengan mencatat pertumbuhan signifikan di Malaysia dan Singapura,” ujarnya.

Dengan langkah ekspansi ini, Kopi Kenangan terus memperkuat posisinya sebagai salah satu merek kopi terdepan di Asia Tenggara. Mereka terus bertekad untuk memperkenalkan cita rasa kopi Indonesia ke seluruh dunia.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments