Indomilk, merek dairy dari PT Indolakto (anak usaha PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk) yang telah hadir lebih dari 50 tahun di Indonesia, menutup rangkaian edukasi tahun 2025 dengan mengajak pelaku kafe dan bakery mengeksplorasi penggunaan produk susu dan olahannya melalui berbagai kreasi coffee pairing.
Program ini menjadi bagian dari upaya Indomilk FnB Solutions untuk memperkuat posisinya sebagai penyedia solusi dairy satu pintu bagi pelaku usaha di sektor kafe, bakery, hingga UMKM.
Perubahan perilaku konsumen dan transformasi konsep kafe menjadi pusat gaya hidup menjadikan variasi menu serta pengembangan pengalaman pelanggan semakin penting. Konsep coffee pairing dinilai relevan karena mampu memperkaya pengalaman rasa, memperpanjang waktu kunjungan, serta meningkatkan nilai transaksi. Dalam praktiknya, pendekatan ini dapat diterapkan pada hidangan ringan, camilan, dessert, hingga inovasi minuman, sehingga kedai dapat memperluas momen konsumsi tanpa kehilangan identitas brand.

Menurut Trade Marketing Food Service Manager PT Indolakto, Prita Utami, dinamika konsumen mendorong pelaku café & bakery untuk terus beradaptasi. “Melalui program edukasi yang kami jalankan sepanjang tahun, Indomilk ingin berbagi wawasan dan inspirasi terkait penggunaan produk susu serta berbagai kreasi menu yang up-to-date. Tujuannya agar pelaku usaha dapat menyesuaikan strategi bisnis dengan perubahan selera konsumen,” ujarnya. Ia menambahkan, layanan dairy satu pintu dari Indomilk dihadirkan untuk menyederhanakan operasional sekaligus menjaga konsistensi kualitas di gerai.
Indomilk FnB Solutions menyediakan portofolio produk dairy yang digunakan lintas kategori, mulai dari susu segar/pasteurisasi, UHT, susu bubuk full cream, krimer kental manis, evaporasi, butter, hingga es krim.
Seluruh produk diproduksi di Indonesia dan didukung jaringan distribusi nasional, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelaku usaha dari skala mikro hingga industri. Susu segar, susu UHT, maupun evaporasi banyak digunakan untuk varian kopi dan teh, sementara susu segar dan susu bubuk full cream kerap diaplikasikan untuk gelato dan dessert.
Selain edukasi untuk pelaku kafe, Indomilk selama empat tahun terakhir juga menjalankan dua program pelatihan, yaitu Indomilk Coffeepreneur, yang menghadirkan workshop latte art, mixology, milk cupping dan telah menjangkau lebih dari 1.400 barista; serta Indomilk Creative Bakers, program bersama toko bahan kue dan komunitas yang telah melibatkan lebih dari 5.000 pelaku home baking.
Menutup agenda edukasi tahun 2025, Indomilk hadir di Jakarta Coffee Week (31 Oktober–2 November 2025) dan SIAL Interfood (12–15 November 2025). Dalam dua pameran tersebut, pelaku kafe, bakery, dan usaha makanan-minuman diajak mengenal berbagai aplikasi produk dairy dalam menu kopi padanan, sejalan dengan komitmen Indomilk FnB Solutions untuk mendukung peningkatan pengalaman pelanggan dan performa bisnis.








