Bayangkan Anda seorang pengusaha roti dan kue yang memiliki bisnis di berbagai daerah yang berjauhan. Tentunya Anda akan kesulitan jika harus memeriksa absensi, payroll dan segala keperluan SDM lainnya. Langkah digitalisasi SDM yang dilakukan Sari Roti dapat Anda jadikan acuan mengelola tenaga kerja di dalam bisnis Anda.
Menurut Press Release yang dilansir dari Kontan.co.id, Sari Roti mengumumkan jalinan kerjasama dengan Darwinbox, sebuah perusahaan pengelolaan Sumber Daya Manusia berbasis teknologi.
Tujuan kerjasama digitalisasi SDM ini untuk menyatukan, mendigitalisasi dan memberikan pengalaman kerja terbaik kepada seluruh karyawan. Tenaga kerja Sari Roti nantinya akan mampu mengakses teknologi berkaitan dengan pekerjaan dari mana saja dan kapan saja.
Baca juga: Mari Jelajahi Inovasi Peralatan Baking Saat Ini. Apa Saja?
Tim HR dari Sari Roti menyampaikan langkah menggandeng Darwinbox ini memiliki tujuan strategis memberikan sistem mobile-first yang fleksibel kepada seluruh karyawan.
“Darwinbox memperlancar dan memudahkan kami mengelola SDM secara otomatis. Darwinbox dapat diakses melalui aplikasi seluler selama 24/7,” ujar Arlina Sofia, selaku Chief HRGA dan Procurement.
Darwinbox membantu Sari Roti melakukan digitalisasi SDM dengan cara menghilangkan segala penghambat dan penyebab inefisiensi pada setiap area kerja. Misalnya saja data kehadiran dapat langsung diproses hanya menggunakan pengenalan wajah pada aplikasi seluler dilengkapi oleh geofencing.
Dengan begitu data seluruh karyawan Sari Roti terekam real time begitu mudahnya. Begitu pula jadwal onboarding dan jadwal cuti juga bisa dilihat secara digital. Pelatihan dan peningkatan kemampuan pun akan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh karyawan menggunakan aplikasi yang disediakan Darwinbox.
“Mengelola SDM dengan cara manual bukanlah hal mudah terlebih lagi bagi perusahaan besar. Karena itu digitalisasi dan otomasi akan meringankan beban karyawan dari kewajiban sepele yang merepotkan. Sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan utama untuk menghasilkan produk, bisnis dan layanan terbaik bagi pelanggan mereka,” kata Jayant Paleti, selaku Co-founder Darwinbox.
Baca juga: Inovasi Peralatan Produksi Cookies yang Efisien
Digitalisasi SDM adalah langkah penting yang bisa Anda tiru apabila Anda ingin membesar skala usaha Anda. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin membuka cabang usaha baru di kota yang jauh dari domisili Anda.
Seluruh kegiatan karyawan yang terekam secara digital akan sangat meningkatkan efisiensi kinerja dan anggaran bisnis. Pada akhirnya, Anda akan lebih mudah untuk fokus pada pengembangan kualitas produk dan layanan yang Anda miliki.