Baba Rafi: Brand Kebab yang Menawarkan Dua Pilihan, Enterprise atau Sari Kreasi Boga

Perbedaan Lain dari Brand Kebab Baba Rafi

brand kebab
Dokumentasi berbagai penghargaan yang diraih. Foto: babarafi.co.id.

Selain kedua jenis perusahaan di atas, ada pula ciri khas yang membedakan antara brand milik Ibu Nilam Sari dan Pak Hendy Setiono, antara lain:

  • Wilayah kelola. Kebab Turki Babarafi milik Pak Hendy berada di wilayah timur, sementara milik Ibu Nilamsari mengelola brand yang ada di Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan, Sumatera, serta Jabodetabek.
  • Kemasan. Packaging kebab yang dikelola Pak Hendy didominasi warna orange dan hitam. Sementara ciri khas kebab Ibu Nilam didominasi kombinasi biru, merah muda, dan kuning.
  • Konsep gerai. Sementara itu terdapat ciri khas berbeda yang dapat dilihat pada outlet. Babarafi dari Pak Hendy terdapat konsep booth, container, dan gerobak. Kemudian outlet dari Ibu Nilam terdapat juga konsep gerobak, booth, container ditambah cafe, mini booth, dan food truck.
  • Varian. Dilansir dari akun X @tarayuliaputri, Kebab Turki Babarafi oleh Ibu Nilam menawarkan berbagai produk selain menu standar, seperti kebab daging sapi full keju, kebab mozzarella, kebab Samyang, dan lain-lain. Sementara itu kebab dari Pak Hendy juga memiliki produk yang berbeda selain menu standar. Contohnya kebab kolaborasi dengan Sara Fajira dan Stanley Hao.

Dua Manajemen Berbeda yang Saling Melengkapi

brand kebab
Ilustrasi kebab. Foto: Raw Pixel.

Dapat dikatakan fenomena dua manajemen berbeda Babarafi ini dapat menjadi contoh positif. Bahwa walaupun dua owner atau pendiri berpisah tidak berarti berhenti pula membesarkan bisnis. Contohnya saja, kedua brand tetap memberikan jaminan produk yang lezat serta halal.

Keduanya juga dapat saling bersinergi untuk merambah wilayah bisnis yang berbeda. Dari hal ini kita dapat belajar bahwa meskipun memiliki nama yang sama, dua brand dapat memiliki identitas dan karakteristik berbeda. Disesuaikan juga dengan visi dan misi masing-masing manajemen.

Keduanya juga dapat bersaing sehat sekaligus tetap saling menghormati baik dalam praktek bisnis maupun pengembangan produk. Kemudian dua brand ini dapat menyesuaikan produk dan strategi pemasaran mereka dengan kebutuhan dan preferensi pasar yang dituju.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments