Ingin Buka Usaha Donat? Ini 5 Rekomendasi Franchise Donat yang Bisa Jadi Inspirasi

4. Dunkin’ Donuts

rekomendasi franchise donat
Ilustrasi produk Dunkin’. Foto: Flickr.

Dunkin’ Donuts merupakan brand donat ternama dari Amerika Serikat. Rasa dan kualitasnya sudah terkenal ke banyak pecinta kuliner dunia. Semua orang dapat bergabung menjadi mitra, hanya saja ada beberapa hal yang perlu dimiliki, antara lain:

  • Anda harus memiliki pengalaman di bidang Multi-unit Quick Service Restaurant (QSR), retail, dan/atau layanan makanan.
  • Mampu mengoperasikan tiap struktur organisasi dan mendukung jaringan beberapa restoran di kota-kota besar di wilayah atau negara yang besar.
  • Memiliki visi pengembangan brand Dunkin’ Donuts.
  • Memiliki kemampuan finansial memadai untuk mengembangkan minimal 20 restoran selama periode waktu tertentu.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi mitra bervariasi. Dari website resmi global.dunkinfranchising.com, dinyatakan bahwa biaya franchise Dunkin’ Donut bergantung pada permintaan pasar dan jumlah restoran yang dibuat.

Maka, jika ingin mendirikan 20 gerai sekaligus, pemodal harus memiliki aset likuid sebesar US$1,5 juta atau sekitar Rp22 miliar. Angka tersebut dengan total kekayaan bersih sebesar US$3 juta atau sekitar Rp44 miliar.

Selain itu, biaya royalti akan dikenakan sebesar 5,9 %. Kemudian untuk biaya royalti iklan sebesar 5 % dan ketentuan perjanjian 20 tahun.

5. J.Co

Produk J.Co yang terkenal. Foto: Wikimedia.

J.Co adalah brand donat dan kopi dari Johnny Andrean. Mereka juga membuka jalan bagi siapapun yang ingin bermitra dengan banyak potensi keuntungan. Mulai dari brand ternama sampai dengan konsumen loyal.

Di sisi lain ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Tentu saja pertama adalah modal yang cukup. Kemudian komitmen untuk mematuhi standar operasional yang telah ditetapkan, serta memiliki lokasi strategis dan memenuhi persyaratan dari JCo.

Biaya yang harus anda siapkan jika ingin membuka gerai JCo sekitar Rp3 – Rp6 miliar. Tergantung pada lokasi dan ukuran gerai. Kemudian ada biaya royalti sebesar 5 % dari omzet bulanan, biaya iklan nasional sebesar 1,5 persen dari omzet bulanan, dan biaya pelatihan dan dukungan operasional.Termasuk juga modal untuk stok bahan baku dan perlengkapan usaha.

Demikianlah 5 rekomendasi franchise donat yang bisa Anda pertimbangkan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta persyaratan dan biaya yang berbeda-beda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Anda.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments